Jumat, 16 November 2012

Gambar Bentuk

     Menggambar bentuk adalah suatu proses pernyataan kembali hasil pengamatan suatu objek gambar yang indah pada bidang gambar. Menggambar bentuk secara umum merupakan kegiatan menggambar yang objek gambarnya berupa bentuk benda. Di dalam penggambarannya, objek benda tersebut  hendaklah digambar seobjektif mungkin. Dalam artian, bentuk benda digambarkan secara tepat sesuai dengan keadaannya baik bentuk ataupun warnanya.
     Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa gambar bentuk adalah gagasan bentuk yang diwujudkan di atas bidang gambar melalui kemahiran tangan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat dengan memperhatikan ketepatan bentuk dan perspektif, proporsi, serta komposisi sehingga menghasilkan karya yang indah. Dengan kata lain, menggambar bentuk sama halnya dengan memotret bentuk benda dengan kemampuan penglihatan dan kemahiran tangan,

Macam-macam bentuk ada 3, yaitu : 

Bentuk benda kubistis
Bentuk benda silindris
Bentuk benda bebas

  1. Bentuk kubistis --> adalah bentuk-bentuk benda yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus atau balok. Contohnya : almari (lemari), meja, kursi, kardus, kulkas, dll.
  2. Bentuk silindris --> adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silinder atau bulat. Contohnya : gelas, botol, teko, dll.
  3. Bentuk bebas --> adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk bentuk benda kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan, sayur-sayuran, dll.



Teknik Menggambar Bentuk

     Teknik menggambar bentuk adalah cara-cara yang lazim dipergunakan untuk menggambar. Teknik menggambar bentuk antara lain :

Gambar dengan teknik linear

Gambar dengan teknik blok
Gambar dengan teknik arsir

Gambar dengan teknik dussel
Gambar dengan teknik pointilis
Gambar dengan teknik aquarel

  • Teknik linear, merupakan cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan baik garis lurus maupun garis lengkung.
  • Teknik blok, merupakan cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya terlihat bentuk globalnya saja (siluet).
  • Teknik arsir, merupakan cara menggambar dengan garis-garis menyilang atau sejajar untuk menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak seperti gambar 3 dimensi.
  • Teknik dussel, merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang objek gambarnya menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah).
  • Teknik pointilis, merupakan cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambarnya menggunakan pena atau pensil gambar dengan dititik-titikkan.
  • Teknik aquarel. merupakan cara menggambar dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tempak transparan atau tembus pandang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar